News Update15 Desember 2014 12:25:53: Penandatanganan MOU UST dengan 3 Perguruan Tinggi

Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris

Informasi Singkat Program Studi

a. Ijin Operasional  : 6963/D/TK-V/2011

    Klik Download

b. Terakreditasi B : BAN PT

     No : 002/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012

Sertifikat Akreditasi B Klik Download

Link Website www.mpdpbi.ustjogja.ac.id

 

Visi

"Pada tahun 2025 PS PBI DPsP UST menjadi prodi pendidikan bahasa Inggris yang unggul berdasarkan ajaran Tamansiswa"

 

Penjelasan istilah unggul dan ajaran Tamansiswa adalah sebagai berikut:

Unggul

  1. Menghasilkan lulusan magister PBI yang berkompeten dan memiliki daya saing tinggi di tingkat nasional maupun global.
  2. Merancang kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang menjamin pengembangan pembelajaran yang berpihak kepada mahasiswa atau student-centered learning dan berbasis teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan lapangan dan pengembangan PS PBI.
  3. Melaksanakan pembelajaran efektif, kreatif, dan inovatif yang mampu menjamin produktivitas lulusan.
  4. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan pengajaran Bahasa Inggris dan keilmuan yang terkait (theory and practices of English Language Teaching).
  5. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan menerapkan hasil kajian dan penelitian dalam bidang PBI untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  6. Mengembangkan jejaring dengan stakeholder dari dalam maupun luar negeri yang dapat mengembangkan institusi secara maksimal.
  7. Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan nasional dan ajaran Tamansiswa serta pembudayaan yang luhur berbasis ranah pendidikan bahasa Inggris.

Ajaran Ki Hadjar Dewantara (ajaran Tamansiswa)

Dalam melaksanakan Caturdharma, PS PBI mengutamakan pembentukan kemandirian dengan mengamalkan prinsip budaya luhur ajaran Tamansiswa sebagai berikut.

  1. Trilogi Kepemimpinan – Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani – bahwa pendidik dan pemimpin harus melaksanakan berbagai peran dalam beragam konteks: di depan menjadi contoh, di tengah memberi inspirasi dan  motivasi,  dan di belakang memberi kekuatan pada kehendak anak didik untuk memerdekakannya.
  2. Tri N – Niteni, Niroke dan Nambahi – bahwa dalam proses pembelajaran pendidik mengakomodasi aspek pengembangan ilmu yang disampaikan dan mendiseminasikannya (menularkannya).
  3. Tri Nga – Ngerti, Ngrasa, Nglakoni – bahwa dalam proses pembelajaran pendidik perlu merancang aktivitas pembelajaran mulai dari pemahaman (kognitif), pengembangan sikap (afektif) anak didik sampai pada pengamalan/penerapannya dalam dunia nyata.
  4. Tri Sakti Jiwa – Cipta, Rasa, dan Karsa – bahwa pembelajaran diharuskan mengembangkan kreativitas anak didik yang merefleksikan keseimbangan antara kognitif, afektif dan psikomotorik.
  5. Tri Pantangan, meliputi pantang menyalahgunakan keuangan, jabatan dan pantang melanggar kesusilaan.
  6. Mempunyai wawasan kebangsaan.
  7. Mendidik lulusan mempunyai pribadi yang tertib damai, salam dan bahagia.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris tingkat magister yang unggul berdasarkan ajaran Tamansiswa.
  2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan pendidikan bahasa Inggris serta keilmuan terkait.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Inggris berdasarkan hasil kajian dan penelitian dosen serta mahasiswa untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Mengembangkan jejaring dengan stakeholder dari dalam maupun luar negeri yang dapat mengembangkan institusi secara maksimal.
  5. Berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional dan ajaran Tamansiswa berbasis ranah pendidikan bahasa Inggris.

Tujuan

Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa Inggris profesional dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan pembangunan bangsa, negara, dan masyarakat internasional. Tujuan ini dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan magister PBI berkualitas, berdaya saing tinggi, mempunyai kompetensi meneliti dan mampu mengelola pendidikan dengan memanfaatkan metode mutakhir berbasis TI yang dijiwai dengan sistem Among.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian dan pengembangan inovatif bidang pendidikan bahasa Inggris.
  3. Menghasilkan program-program kerjasama dengan masyarakat untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan berdasarkan penelitian dan kajian disiplin PS PBI untuk menjaga kepekaan serta kepedulian PS PBI terhadap kebutuhan masyarakat .
  4. Menghasilkan program-program kerjasama dengan institusi baik dalam maupun luar negeri yang dapat mengembangkan institusi secara maksimal.
  5. Menghasilkan berbagai program pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional dan ajaran Tamansiswa berbasis ranah pendidikan bahasa Inggris.
Tags :
Banner
Seminar Internasional “Preparing Education to Enter ASEAN Economic Community”
SMS Center
Seminar Internasional “English Language Teaching Challenges in Asia”
Online Support
Administratoriswanto_apri
Tata Usahaiswanto_apri
PMBiswanto_apri
Statistik Member
Member:187 Orang
Member Aktif:187 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:59430
Total Hits:246654
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net