News Update31 Oktober 2018 09:20:47: Analisis KR Inovasi Perguruan Tinggi

Pentingnya Evaluasi Pembelajaran dan Hasil Belajar

Bookmark and Share
15 November 2018 - 14:38:18 » Diposting oleh : admin » Hits : 1111
Pentingnya Evaluasi Pembelajaran dan Hasil Belajar

Pentingnya Evaluasi Pembelajaran dan Hasil Belajar

Pembelajaran dan hasil belajar merupakan bagian yang sangat penting dalam proses penentu keberhasilan pendidikan. Untuk itu di perlukan evaluasi yang tepat terhadap pembelajaran dan hasil belajar. Hasil evaluasi terhadap keduanya dapat digunakan untuk memperbaiki langkah pembelajaran selanjutnya dan penilaian yang akan digunakan oleh pendidik.

Berkaitan dengan pentingnya evaluasi pada pembelajaran dan hasil belajar, maka program studi penelitian dan evaluasi pendidikan universitas sarjanawiyata tamansiswa menyelenggarakan seminar Internasional. Seminar internasional yang mengambil tema “Evaluation of Instruction and learning outcome” di selenggarakan pada tanggal 10 November 2018 di Hotel New Shapir Jalan. Adisucipto Yogyakarta. Seminar yang diketuai oleh Dr. Ari Setiawan, M.Pd menghadirkan 3 orang pembicara Dr. Manish Semwal (Universitas AGRA India), Henry Bemerland, M. Ed. (AIS, Australia), dan Prof. Dr Supriyoko, M.Pd (UST, Indonesia). Seminar ini di buka langsung oleh rektor universitas sarjanawiyata taman siswa Bapak Drs. H. Pardimin, PhD. Pembukaan juga didahuli dengan mengheningkan cipta karena bertepatan dengan hari pahlawan dan penampilan tari yang mengandung unsur pembelajaran berbasis budaya sebagai bagian dari penerapan catur dharma di UST.

Seminar ini di ikuti oleh 285 peserta dan 45 pemakalah dari dalam negeri dan luar negeri diantaranya Godlove Kiswaga (Tanzania, Afrika), Sajad ( Pakistan), Kamran Khan ( Pakistan), Dobrin Tsvetanov Bugov (Bulgaria), dan Baoyang Youayia (laos). Makalah yang masuk membahas tentang evaluasi, pengembangan instrument afektif, kognitif dan psikomor, serta penggunaan hasil penilaian untuk pembelajaran dan berbagai penelitian yang sesaui dengan tema seminar. Seminar ini membahas tetang pentingnya evaluasi pembelajaran dan hasil belajar.

Dr Manish Semwal (India) menyampaikan pentingya evaluasi sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Henry Bemerland (AIS, Australia) menyampaikan pentingnya penilaian dan model penilaian untuk menilai hasil belajar siswa sebagai bagian dari evaluasi pembelajaran dn hasil belajar. Sedangkan Prof. Dr. Supriyoko, (UST, Indonesia) menyampaikan materi tentang perkembangan dan implementasi evaluasi pendidikan di Indonesia dari sejarahnya sampai  jenis-jenis ujian (tes) yang digunakan. Menurut Prof. Dr ada 4 karakter dari ujian (tes) yaitu Post test, achievement test, examination dan determinats factor.

Seminar ini diakhiri dengan kegiatan paralell session, dimana pemakalah mempresentasikan hasil penelitainya dalam bentuk diskusi yang terarah. Peserta dan pemakalah sangat antusia mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Bahkan peserta dari luar negeri menyatakan senang dan mendapatkan banyak ilmu tutur Dorbin peserta asal Bulgaria.

 

 

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 157 + 4 = ?
Banner
SMS Center
International Seminar
Online Support
Statistik Member
Member:212 Orang
Member Aktif:212 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:167891
Total Hits:599100
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net