News Update06 Juni 2018 08:41:29: Beban Guru

PEMBELAJARAN ONLINE, SEMANGAT BELAJAR DAN LULUS TEPAT WAKTU DALAM DARURAT COVID-19

Bookmark and Share
17 April 2020 - 16:50:21 » Diposting oleh : rahmatmulyono » Hits : 298
PEMBELAJARAN ONLINE, SEMANGAT BELAJAR DAN LULUS TEPAT WAKTU DALAM DARURAT COVID-19

Humas Pascadik UST 12/04. Pandemik Covid-19 cukup signifikan mempengaruhi jalannya dunia akademik di Dunia Pendidikan, termasuk Dunia Pendidikan dan Akademik di Perguruan Tinggi. Para pimpinan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa sangat sigap dalam mengelola darurat Covid-19 dibuktikan dengan beberapa kebijakan yang diwujudkan dalam beberapa surat edaran sebagai  berikut:

  1. Surat Edaran Rektor Nomor:82/UST/Rek/III/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Pembelajaran Online melalui https://portal.ustjogja.ac.id/ dan atau berbagai platform pembelajaran daring.
  2. Surat Edaran Wakil Rektor II Nomor:052/UST/WR.II/BAU/Kepeg/III/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Tindakan Pencegahan Penyebaran Covid-19.
  3. Surat Edaran Wakil Rektor II Nomor:093/UST/Warek.-2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang Tindakan Pencegahan Penyebaran Covid-19.
  4. Surat Edaran Wakil Rektor II Nomor:094/UST/Warek.-2/III/2020 tanggal 20 Maret 2020 tentang Tindakan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Revisi 20 Maret 2020.
  5. Surat Edaran Rektor Nomor:89/UST/Rek/III/2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pengaturan Kegiatan Caturdharma Selama Pandemi Wabah Covid-19.
  6. Surat Edaran Wakil Rektor I Nomor:031/UST/Warek-1/III/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Genap Tahun Akademik 2019-2020 dilaksanakan dengan memaksimalkan https://portal.ustjogja.ac.id/ dan atau Learning Management System (LMS) lain yang mendukung selama Pandemi Wabah Covid-19.
  7. Surat Edaran Rektor Nomor:92/UST/Rek/III/2020 tanggal 31 Maret 2020 tentang Bantuan Biaya Pembelajaran Online bagi Mahasiswa Aktif dan Layanan Berbasis Elektronik lainnya bagi Mahasiswa.
  8. Surat Edaran Wakil Rektor I Nomor: 32/UST/Warek-1/IV/2020 tertanggal 11 April 2020 tentang Rambu-rambu Percepatan Penyelesaian Tugas Akhir/Tesis Mahasiswa. Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa dalam Masa Tanggap Darurat Covid-19 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa,

Berdasarkan Keputusan Direktorat Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)  pada tanggal 31 Maret 2020, ditetapkan proses pembelajaran tatap muka diganti pembelajaran dalam bentuk online. Seminar Proposal Tesis, Bimbingan Tesis, Ujian Tesis, dan akademik lainnya dilayani secara online. Segala bentuk layanan seminar proposal, bimbingan tesis juga dilaksanakan secara online.

Gambar 1 Rapat Dosen dan Karyawan dilaksanakan dengan Online

Merespons kondisi Pandemik Covid-19 dan melaksanakan Kebijakan UST dalam menghadapi Covid-19, Direktur Pascasarjana Pendidikan UST, Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd., menggelar rapat koordinasi dengan seluruh dosen dan karyawan pada hari Jumat (27/3/2020) dengan Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang dihadiri kurang lebih 25 anggota rapat. Hadir secara online dalam rapat tersebut Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana Pendidikan, Ketua Program Studi Manajemen, Pendidikan, Ketua Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris beserta sekretaris Program Studi, juga segenap dosen dan karyawan administratif di lingkungan Pascasarjana Pendidikan UST. Lebih lanjut, rapat koordinasi lingkup program studi juga dilaksanakan secara proaktif melalui daring.

Pembelajaran secara online dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Pascadik dengan melalui https://portal.ustjogja.ac.id/ dan atau berbagai platform pembelajaran daring seperti Zoom Cloud Meeting, Whatshaps, Email, maupun platform pembelajaran yang lain. Dosen-dosen dan mahasiswa di lingkungan Pascadik sebetulnya tidak mengalami kesulitan dan sudah familiar dengan pembelajaran berbasis online, karena selama ini sudah ada beberapa kelas di Pascadik dengan menerapkan Pendidikan Jarak Jauh atau e-learning. Bahkan Studio khusus di lingkungan Pascadik telah beroperasional untuk Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau e-learning. Dalam pembelajaran berbasis online, Pengelola Kehumasan Pascadik UST, terutama di saat pandemi Covid-19, meminta pendapat kepada para mahasiswa di 21 kelas di lingkungan Pascadik yang terdiri dari 3 Program Studi yaitu kelas S2-Manajemen Pendidikan, S2-Penelitian Evaluasi Pendidikan dan Program Studi S2-Pendidikan Bahasa Inggris.  Dari jawaban mahasiswa dapat disimpulkan beberapa kelebihan pembelajaran online di antaranya: 1) Praktis dari luar kampus, 2) mengerti dan memahami pembelajaran online, 3) dapat memaksimalkan penggunaan https://portal.ustjogja.ac.id/ dalam pembelajaran. Terkait kekurangan di antaranya: 1) Sinyal internet di beberapa daerah asal mahasiswa kurang maksimal, 2) Perlu adaptasi bagi mahasiswa yang selama ini jarang menggunakan media pembelajaran online. Berikut dosen dan para mahasiswa Pascadik sedang melakukan pembelajaran online di studio PJJ Pascadik.

Gambar 2 Dr. Ag Sri Purnami sedang memberikan kuliah online

Gambar 3 Mahasiswa sedang kuliah online

Berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS), Direktur Pascasarjana Pendidikan UST memberi instruksi kepada Satuan Penjaminan Mutu Direktorat (SPMD) Gugus Mutu Program Studi (GMP), panitia ujian dan dosen pengampu untuk melakukan koordinasi. Sebelum pelaksanaan UTS, panitia membuat aplikasi khusus terkait dengan presensi kuliah yang wajib diisi oleh masing-masing dosen dan di upload sebelum UTS dimulai. Masa Ujian Tengah Semester ini dilaksanakan dari tanggal 6 sampai dengan 18 April 2020 secara online. Batas waktu pengunggahan nilai UTS adalah maksimal satu pekan setelah pelaksanaan UTS berakhir. Dalam masa ini setiap dosen dianjurkan untuk selalu memantau mahasiswa yang diampu baik melalui WA Grup, Portal, dan plattform lainnya. Dalam situasi yang tidak terduga ini, secara tidak langsung berdampak positif pada skill masing-masing dosen dalam penggunaan teknologi secara online. Terdapat hal positif dari sesuatu yang tidak biasa tersebut, yaitu semakin mematangkan kompetensi tiap dosen untuk siap menanggapi era revolusi industri 4.0 dalam hal penggunaan teknologi informasi berbasis online secara proaktif.

Dalam situasi Work from Home seperti ini ternyata tidak mematahkan semangat para dosen untuk menulis riset dan pengabdian masyarakat. Dalam Whatsapp Group pun tak jarang para pimpinan dan dosen senior menyemangati dosen muda lainnya untuk semangat berkarya di tengah keterpurukan pandemi global Covid-19 ini. Motivasi dan semangat ini selalu terbangun dengan indah sekalipun tidak bertatap muka. Keluarga Besar dan Civitas Akademika Direktorat Pascasarjana Pendidikan UST Akademika: 1) Berkomitmen dan bersemangat untuk bisa melayani siap siaga 24 jam segala kegiatan akademik dengan baik yang dilakukan secara online, 2) Mahasiswa bersemangant belajar secara online, 3) Para mahasiswa yang sedang menulis Tugas Akhir/Tesis tetap bersemangat lulus tepat waktu. Mengenai penulisan Tugas Akhir/Tesis, melalui Surat Edaran Nomor: 32/UST/Warek-1/IV/2020 tertanggal 11 April 2020 tentang Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa dalam Masa Tanggap Darurat Covid-19 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Wakil Rektor I menyampaikan kepada Dekan, Direktur dan Para Kaprodi berupa rambu-rambu percepatan penyelesaian Tugas Akhir/Tesis Mahasiswa.

Melalui situasi ini pimpinan di Direktorat Pascasarjana Pendidikan UST tak henti-hentinya mengajak untuk senantiasa bersyukur, menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta berkarya yang berkualitas dan signifikan bermanfaat bagi sesama. (RM)


Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 142 + 9 = ?
Banner
SMS Center
PMB
Online Support
Statistik Member
Member:225 Orang
Member Aktif:225 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:191002
Total Hits:688589
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net