TUGAS AKHIR/TESIS DENGANONLINE DALAM MENGHADAPI
PANDEMI COVID-19
No. 094/UST/DPsP-DIR/IV/2020
Tabel 01 : Teknis Penetapan Dosen Pembimbing
No |
Aktivitas |
Penanggungjawab |
Keterangan |
1. |
Mahasiswa mengusulkan judul TA pada pengajuan MPTA dan Pengajuan TA di halaman SiAP daftar.ustjogja.ac.id |
Mahasiswa |
Masa Persiapan Tugas Akhir (MPTA) dan Pengajuan TA |
2. |
Kaprodi melakukan persetujuan pada Pengajuan MPTA, Pengajuan TA dalam SiAP |
Kaprodi |
Dokumen usulan judul tesis yang telah ditandatangani oleh Kaprodi |
3. |
Kaprodi mengusulkan nama pembimbing (berdasarkan usulan mahasiswa atau penentuan dari program studi) |
Kaprodi Admin DPsP |
Dokumen daftar nama mahasiswa dan pembimbing I dan II |
4. |
Admin DPsP menerbitkan SK Pembimbing |
Admin DPsP |
Dokumen usulan SK Pembimbing |
5. |
Direktur menerbitkan SK Pembimbing Tesis |
Direktur Admin DPsP |
SK Pembimbing Tesis |
6. |
Admin mencetak SK atau mempublikasikan SK ke halaman website |
Admin DPsP |
SK Tesis dapat diunduh di www.mpd.ustjogja.ac.id |
Pembimbingan tesis dapat dilaksnakan secara online dengan menggunakan berbagai media online yang memungkinkan bagi mahasiswa dan pembimbing.Bukti bahwa mahasiswa telah melakukan pembimbingan, dapat dilihat pada:
a) Portal UST, pada SIAP (Sistem Aplikasi Pendaftaran) untuk langsung menuju ke SITA (Sistem Informasi Tugas Akhir), karena setiap interaksi pembimbingan dosen bisa/dapat memberikan saran dan catatan yang telah diinput pada portal tsb. ATAU
b) Mahasiswa setelah bimbingan melalui media online lainnya, catatan dan saran dari pembimbing, agar ditulis sendiri oleh mahasiswa ke dalam buku bimbingan TA (progress report), kemudian discan (difoto), hasil foto dikirim ke pembimbing, misal melalui WA (Whatsapp) agar pembimbing membubuhkan paraf pada catatan tsb, kirim lagi ke mahasiswa, sebagai bukti bahwa mahasiswa telah melakukan pembimbingan.
c) Dosen yang melakukan pembimbingan secara online, semisal melalui WA atau email, secara otomatis memiliki arsip di sent item. Hal itu bisa dijadikan dasar/bahan koreksian berikutnya.
Tabel 02 : Proses Pembimbingan
No |
Aktivitas |
Penanggungjawab |
Keterangan |
1. |
Mahasiswa melakukan pengusulan judul melalui halaman SiAP di daftar.ustjogja.ac.id |
Mahasiswa |
Data muncul dalam SiAP |
2. |
Mahasiswa dan dosen pembimbing menerima SK Pembimbing secara digital |
Admin DPsP |
SK Pembimbing |
3. |
Data dosen pembimbing dan mahasiswa telah tersinkronisasi dalam SiAP UST minimal 6 kali |
Mahasiswa Dosen Pembimbing Ka. Prodi |
Pembimbingan dapat dilaksanakan menggunakan platform SiAP atau lainnya. |
4. |
Dosen pembimbing melakukan persetujuan dalam SiAP apabila hasil revisi telah disetujui |
Dosen Pembimbing |
Dosen pembimbing memberikan persetujuan setelah pembimbingan minimal 6 kali |
5. |
Mahasiswa mengajukan Ujian Tesis dalam SiAP atau media lainnya |
Mahasiswa Ka. Prodi |
Mahasiswa melakukan pendaftaran Ujian dalam SIAP atau media lainnya |
Jika mahasiswa telah dinyatakan selesai bimbingan oleh pembimbing, dan pembimbing telah menyatakan ACC untuk bisa diujikan, maka teknis pemberian acc bisa dilakukan seperti berikut.
a) Bukti bahwa dosen pembimbing telah menyatakan acc, langkah yang ditempuh seperti pada nomor 2b. proses pembimbingan. Atau;
b) Mahasiswa membuat lembar HALAMAN PERSETUJUAN UJIAN TESIS yang telah diisi nama pembimbing dan judul tesis, lalu dikirim ke pembimbing secara online, agar dosen pembimbing membubuhkan tanda tangan secara online/elektronik, kemudian dosen pembimbing mengirimkan ke mahasiswa.
Bukti persetujuan dosen pembimbing yang sudah didapatkan mahasiswa dalam bentuk softfile dapat digunakan sebagai syarat pendaftaran ujian tesis online.
|
No |
Aktivitas |
Penanggungjawab |
Keterangan |
|
|
|
mahasiswa
|
6. |
Admin menerima Lembar penilaian (03.Juknis ujian tesis langkah No.7) dan melakukan pencatatan |
Sekertaris penguji Admin DPsP |
Soft file berkas (blanko terisi):
|
Mengisikan isian melalui https://bit.ly/3apsvjE
Catatan: TOEFL dikeluarkan oleh lembaga seperti P3BI FKIP UST, TOEFL institusional, UNY, UGM, USD, dan pusat tes bahasa Inggris yang bereputasi.
Tabel 04 : Teknis Pengujian
No |
Aktivitas |
Penanggungjawab |
Keterangan |
1. |
Admin DPsP membuat jadwal ujian berdasarkan usulan dari program studi |
Prodi Admin DPsP |
Softfile Jadwal Ujian |
2. |
Mahasiswa menerima jadwal Ujian |
Admin DPsP Mahasiswa |
Softfile Jadwal Ujian |
No |
Aktivitas |
Penanggungjawab |
Keterangan |
3. |
Proses Ujian dapat dilaksanakan dengan cara: 1) Penilaian Dokumen dan Video
penilaian tesis |
Mahasiswa Admin DPsP Tim Dosen Penguji |
|
2) Pelaksanaan Ujiandiutamanakan melalui video conference menggunakan Zoom, webex, google meeting, atau aplikasi sejenis. |
Mahasiswa Admin DPsP Tim Dosen Penguji |
File Tesis (PDF) Lembar Penilaian Ujian |
|
3) Pelaksanaan Ujianalternatif menggunakan voice notewhatsapp dalam grup khusus ujian. |
Mahasiswa Admin DPsP Tim Dosen Penguji |
File Tesis (PDF) Lembar Penilaian Ujian |
|
4. |
Tim Penguji mengirimkan Lembar Penilaian Ujian kepada Sekertaris Penguji. Sekertaris penguji melakukan rekap hasil penilaian tim. |
Tim Dosen Penguji |
Lembar Penilaian |
5. |
Admin menerima Lembar penilaian dan melakukan pencatatan |
Admin DPsP |
|
6. |
Mahasiswa melakukan perbaikan Tesis sesuai catatan revisi oleh tim penguji |
Mahasiswa |
Penguji memberikan waktu revisi 2 bulan |
7. |
Pengumuman Kelulusan tesis mahasiswa dilakukan oleh kaprodi dengan mempertimbangkan hasil ujian tesis. |
Prodi |
Dokumen Tesis Dokumen penilaian |
8. |
Mahasiswa melakukan perbaikan tesis sesuai dengan masukan dalam ujian tesis selama batas waktu yang telah ditentukan pada |
Mahasiswa |
Dokumen revisi |
No |
Aktivitas |
Penanggungjawab |
Keterangan |
|
saat ujian tesis. |
|
|
9. |
Penguji menerima hasil perbaikan tesis dan melakukan persetujuan online |
Dosen Penguji Tesis |
|
10. |
Mahasiswa mengajukan pengesahan kepada Direktur DPsP |
Mahasiswa |
Softfile tesis Lembar Persetujuan |
11. |
Koordinator akademik melegalisasi dokumen Pengesahan Tesis |
Koordinator akademik |
Dokumen lembar persetujuan yang telah diberikan tanda tangan elektrik Direktur dan Stempel DPsP |
12. |
Koordinator akademik mengembalikan dokumen kepada mahasiswa |
Koordinator akademik Mahasiswa |
Dokumen Tesis didistribusikan ke repository.ustjogja.ac.id |
Pelaksanan Ujian dengan menggunakan aplikasi Zoom agar dilakukan perekaman untuk dokumentasimenjamin keabsahan dan kepastian ujian/sidang tatapmuka. Serta kemampuan bicara dalam Bahasa Inggris khusus program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Ujian tesis dapat diumumkan setelah ujian sedangkan pengumuman kelulusan pada rapat kelulusan/yudisium. Pengumuman hasil ujian sebagai berikut :
Member | : | 224 Orang |
Member Aktif | : | 224 Orang |
Member Baru Hari Ini | : | 0 Orang |