Pecepat Kelulusan Yang Berkualitas, Puluhan Mahasiswa Pascadik Berhasil Ujian Tesis Online Di Tengah Pandemi Covid-19

Bookmark and Share
18 Mei 2020 - 12:49:10 » Diposting oleh : rahmatmulyono » Hits : 119
Pecepat Kelulusan Yang Berkualitas, Puluhan Mahasiswa Pascadik Berhasil Ujian Tesis Online Di Tengah Pandemi Covid-19

Humas. 15/05/2020. Berdasarkan Surat Ketetapan Direktur Pascasarjana Pendidikan (Pascadik) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Nomor 094/UST/DPsP-DIR/IV/2020 tentang Petunjuk Teknis Tugas Akhir/Tesis dengan Online dalam Menghadapi Pandemi Covid-19, dalam rangka percepatan kelulusan Mahasiswa Pascadik UST, selama masa Pandemik Covid-19 telah diadakan Ujian Tesis secara online tidak kurang dari 20 Mahasiswa Pascadik UST.

Para mahasiswa yang telah diuji tesis secara online telah melalui rangkaian Petunjuk Teknis Tugas Akhir/Tesis dengan Online dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dari: 1) Penetapan Pembimbing Tesis, 2) Proses Pembimbingan Dosen dan Mahasiswa, 3) Teknis Persetujuan/ACC Ujian Tesis, 4) Pendaftaran Ujian Tesis dan Penjadwalan, 5) Proses Ujian Tesis Online, dan 6) Pengumuman Hasil Ujian Tesis Online.

Di bawah ini beberapa testimoni mahasiwa yang telah diuji tesisnya secara online berupa pengalaman, harapan dan masukan.

NO.

PRODI, NIM, NAMA MAHASISWA

PENGALAMAN

HARAPAN

MASUKAN

1

PEP

2018082025

Ana Setiani

Memberikan pengalaman baru melaksanakan ujian secara on line, mengurangi ketengan mahasiswa dalam menghadapi ujian.

Dengan kegiatan berbasis on line bisa lebih memajukan sistem pendidikan di Indonesia.

Pelaksanaan ujian untuk ke depannya bisa dilaksanakan lebih baik lagi sehingga tidak ada tim penguji yang belum selesai ujian tapi sudah hilang dari sistem karena gangguan sinyal.

2

PEP

2018082029

Triana Kustiati

Saya angkatan pertama kali yang merasakan ujian tesis online di tengah pandemi covid 19. Mungkin karena pihak kampus belum siap sepenuhnya hanya menggunakan aplikasi wa group terbukti angkatan ke dua sdh menggunakan google meet. Setiap dosen penguji memberikan satu pertanyaan dan saya menjawab demikian secara bergantian. Ada 3 sesi di sini. Sesi 1 setelah sidang dibuka ketua memberi kesempatan mendengarkan presentasi yang sebelumnya sudah dikirim dalam bentuk video durasi 7 menit. Sesi ke dua tanya jawab, sesi ketiga penutup dengan diberi masukan diakhiri pengumuman dan dinyatakan lulus dengan revisi Tterasa hambar, tidak ada teman2 yang mengucapkan selamat.iya karena saat itu saya berada di rumah.

Hasil revisi yang saya kirimkan ke dosen penguji segera di acc semua, sehingga bisa meneruskan tahap berikutnya,

Teknis pelaksanaan dan penilaian pada saat sidang tetap memperhatikan kondisi dosen dan mahasiswa sehingga  tetap menjaga kualitas sidang; tetap mengedepankan pelayanan terbaik dengan situasi dan kondisi apapun.

3

PEP

2018082038

Purwata

Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti ujian online. Saya merasa ini adalah sesuatu yang luar biasa. Bagaimana mempertahankan tesis di hadapan tim penguji secara online, ini adalah hal yang menurut saya sesuatu banget. Ada keuntungannya juga, diantaranya adalah "kegalauan" kita, kegrogian kita, kecemasan kita pada saat berhadapan langsung dengan tim penguji jauh berkurang. Dan satu lagi, kita bisa menyiapkan materi dengan "merdeka" .....kalau bahasa gaulnya itu kita bisa "nyontek" dengan leluasa....hahaha. Tapi saya salut, tim penguji memang "serius" mempelajari tesis yang kami buat, terbukti secara detil semua materi tesis saya tersentuh dan tidak ada yang luput dari koreksi beliau-beliau.

 

 

4

PEP

2018082022

Karyati

Sangat seru dan cukup menegangkan karena ini ujian online pertama saya tetapi setelah diikuti ternyata lebih efektif dan efisien dalm pelaksanaan nya . Senang , karena kami diajak latihan simulasi ujian online terlebih dahulu sehingga memudahkan kami dalam mengikutinya.

Walaupun ujian secara online tetapi juga berada seperti ujian sidang langsung, karena kami juga langsung dihadapkan dengan pada dosen penguji. Ujian online juga mudah diikuti karena semua syarat nya dikirimkan secara online dan ujian online ini menjadi pengalaman pertama dan berharga bagi saya. Pelayanan bagian admisi juga bagus karena terbukti kami benar benar dibimbing terlebih dahulu dan diadakan komunikasi demi lancarnya kegiatan ujian online.

Semoga ujian online yang diselenggarakan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para mahasiswa untuk bisa segera menyelesaikan kuliah mereka. Adanya oandemi covid 19 ini bukan menjadi alasan tertunda nya kelulusan kuliah kami.

Semoga pelayanan ust semakin baik lagi .

Sudah bagus dan keren dalam penyelenggaraan ujian on-line nya cuma terkadang terkendala jaringan internet.

5

MP

2018081016

Bekti Handayani

Kendala teknis saya alami yaitu: 1) Mikrofon saya mati sehingga mempengaruhi konsentrasi, padahal waktu latihan baik-baik saja.

2) Sinyal tidak bagus saya mau ujian menempuh jarak 30 km untuk mendapat sinyal yang baik.

Semoga Corona usai dan ujian seperti biasa karena ribet.

Untuk dipersiapkan masak karna juga ada dosen yg belum begitu mau menggunakan online dalam revisi tanda tangan dosen masih ada yang via pos dan sulit dihubungi (belum membalas pesan) sehingga mahasiswa semangat turun.

6

MP

2018081035

Puput Nurul Istiqomah

Ini merupakan pengalaman pertama saya melakukan ujian online dan ujian ini dalam keadaan di tengah-tengah pandemi covid-19,

Pada saat ujian saya tetap menggunakan baju putih disertai jaket almamater UST dan perlngkapan lainnya seperti ujian pada waktu biasanya. Saya sangat menikmati momen ini dimana saya melakukan ujian secara online, dosen pun terlihat antusias dalam melaksanakn ujian online ini dalam keadaan yang memang seluruh masyarakat indonesia  mengalami wabah ini. Pada saat ujian pun di selingi sedikit canda tawa dari dosen penguji dan lainnya untuk menghilangkan rasa gugup, dan alhmdulillah ujian  berlangsung dengan lancar. Akan tetapi memang karena ujian di lakukan secara online ada kesalahan kecil yang mungkin tidak bisa kita hindari yaitu jaringan yang terkadang membuat suara maupun vidio menjadi tidak jelas, dan untuk melaksanakan bimbingan karna melakukan jarak jauh  jadi agak sedikit kuranh puas saja, serta rasa sedikit hampa dimana tidak ad teman-teman yang menyambut setelah ujian selesai dan saya di nyatakan lulus. Akan tetapi secara keseluruhan saya pribadi cukup mersa puas dan senang karena dalam keadaan seprti ini pihak dari pascadik UST tetap berusaha melayani kami paramahasiswa yang memang sudah siap untuk melakukan ujian online sehingga dapat menyelesaikan tanggungjawab ini dan segera selesai dalam menempuh kuliah ini.

Harapan saya semoga seluruh mahasiswa dapat segera menyelesaikan tugas akhir ini dan segera untuk melaksanakan ujian. Dan seluruh bagian pengelola pascadik UST dpat membantu teman-teman serta di permudahkan jalannya- untuk dapat segera menyelesaikan masa studi di tengah-tengah pademi covid 19.

Untuk ke depannya dalam menjalankan ujian tesis online semoga tidak ada kendala lagi baik jaringan maupun kesalahan lainya yang dapat menghambat ujian online tersebut, serta saya harap dosen penguji dapat memberikan saran ataupun komentar dengan diselingi humor agar terasa hangat dan tidak hampa didalam ujian online yang sedang berlangsung.

7

MP

2018081072

Diah Purwantiningsih

Sangat menyenangkan dan membahagiakan di tengah pandemi tapi kami tetap bisa dilayani oleh campus. Kami jadi lebih paham.tentang praktik menggunakan google meeting, karena biasanya yang dipakai webex meet. Aplikasi ini bisa diterapkan utk mengajar kepada siswa di tengah pandemi, hanya berbayar, belum menemukan jadi host yang tidak berbayar.

Semoga campus bisa memfasilitasi untuk mahasiswa seperti kami yang jauh dari Kebumen, sehingga menghemat waktu, biaya dan tenaga. Hasilnya juga efisien, keempat penguji bertemu jadi satu.

Untuk tetap bisa dilaksanakan jika memang mahasiswa memiliki kendala jauh dari campus sehingga bisa penghematan yang luar biasa.

 

8

MP

2018081002

Purwanti Retno Yuliastuti

Salam dan bahagia,sy Purwanti Retno Yuliastuti, mahasiswa Pascadik MP UST Yogyakarta. Pada hari Selasa,12 Mei 2020 sy telah melaksakan sidang tesis melalui online di hadapan 4 dosen penguji. Ujian ini merupakan upaya Direktorat Pascadik dalam memfasilitasi mahasiswanya agar tetap lulus tepat waktu di saat pandemi Covid 19. Rasa syukur bisa menjadi barisan depan mahasiswa yang melaksanakan ujian melalui sistem daring. Ini juga merupakan pengalaman pertama saya, alhamdulillah semua berjalan lancar tidak terkendala apapun walau awalnya sempat kuatir tentang koneksi dan masalah teknis lainnya.

Harapan saya,  ujian dan daring ini juga bisa diterapkan untuk kuliah pengganti tatap muka, saya rasa UST sdh sangat siap mewujudkan kuliah jarak jauh mengingat kawan-kawan saya banyak dari luar Jawa dan sebagian lagi sebagai mahasiswa yang sedang tugas belajar/ijin belajar.

Masukannya semoga UST tetap mengembangkan inovasi dan memfasilitasi para mahasiswanya dengan beragam cara dalam menyelesaikan studinya. Terimakasih UST yang luhur dengan ajaran Ki Hajar Dewantara. Tetep-Mantep-Antep.

 

Dari semua testimoni ujian tesis online sangat mendukung ujian tesis online ini dalam rangka mempercepat kelulusan mahasiswa pascadik dengan tetap mempertahankan kualitas mahasiswa Pascadik UST. Terima kasih Jajaran Pascadik UST yang telah berjibaku menguji tesis secara online, terima kasih mahasiswa yang bersemangat cepat lulus dan berkualitas.

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 128 + 2 = ?
Banner
SMS Center
PMB
Online Support
Statistik Member
Member:223 Orang
Member Aktif:223 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:2
Total Pengunjung:180566
Total Hits:647288
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net