THE WUR (Prof. Ki. Supriyoko)

Bookmark and Share
22 Agustus 2022 - 12:38:18 » Diposting oleh : rahmatmulyono » Hits : 104
THE WUR (Prof. Ki. Supriyoko)

THE WUR 2022

Oleh : Ki Supriyoko

 

       THE WUR merupakan abreviasi dari Times Higher Education World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat perguruan tinggi dunia yang diterbitkan oleh Majalah Times Higher Education yang berbasis di London Inggris. Publikasi ini sangat diminati oleh masyarakat pendi-dikan, khususnya pendidikan tinggi, di seluruh dunia. Pada tahun 2022 ini THE WUR kembali menampilkan ratusan pergu-ruan tinggi dari peringkat paling tinggi s/d paling rendah berdasar capaian nilai yang sudah ditetapkan. Ratusan perguruan tinggi berperingkat ini merupakan hasil akhir dari analisis terhadap 1.600-an perguruan tinggi dari 99 negara, termasuk Indonesia.

        Mengetahui peringkat perguruan tinggi dunia sekarang sangat penting mengingat banyaknya perguruan tinggi, PTN maupun PTS, yang ingin “berbicara” di tingkat dunia. Hampir semua PTN dan banyak PTS yang bervisi unggul di tingkat dunia. Mengapa THE WUR banyak diminati masyarakat dunia? Karena untuk menentukan peringkat suatu perguruan tinggi, pengelola menentukan 13 indikator yang representatif yang dikelompokkan dalam lima bidang; yaitu Pengajaran (teaching) 30 persen, Penelitian (research) 30 persen, Sitasi (citations) 30 persen, Pandangan Internasional (international outlook) 7,5 persen dan Pendapatan Industri (industy income) 2,5 persen.

        Adapun ke-13 indikator tersebut sbb: 1) Survei reputasi pengajaran, 2) Rasio mahasiswa dengan dosen, 3) Rasio mahasiswa doktor dengan sarjana, 4) Doktor staf akademik, 5) Pendapatan institusional, 6) Survei reputasi penelitian, 7) Pendapatan penelitian, 8) Produktivitas penelitian, 9) Kutipan, 10) Proporsi mahasiswa internasional, 11) Proporsi staf internasional, 12) Kolaborasi internasional, dan 13) Pendapatan industri.

       Bidang-bidang yang diukur dengan ke-13 indikator tersebut dinilai cocok dengan karakter perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan dan lembaga ilmiah. Kegiatan pengajaran yang didalamnya terdapat ratio maha-siswa dengan dosen, rasio mahasiswa doktor dengan sarjana, jumlah doktor, dll, merupakan indikator kualitas suatu lembaga pendidikan. Pada sisi lain kegiatan penelitian yang didalamnya terdapat survei reputasi, produktivitas penelitian serta sitasi merupakan indikator kualitas suatu lembaga ilmiah. Bila dikaitkan dengan Tridharma Perguruan Tinggi di Indonesia, yang terdiri dari Dharma Pendidikan, Dharma Penelitian dan Dharma Pengabdian kepada Masyarakat; ke-13 indikator yang dikembangkan oleh pengelola THE WUR pun sesuai.

        Kegiatan pengajaran amat sesuai dengan Dharma Pendidikan; kegiatan penelitian amat sesuai dengan Dharma Penelitian; sedangkan sitasi untuk membantu peneliti lain serta kerja sama internasional dan transfer pengeta-huan kepada pihak lain sesuai dengan Dharma Pengabdian Masyarakat. Itu sebabnya di samping diminati oleh masyarakat manca negara maka THE WUR juga diminati oleh masyarakat pendidikan tinggi di Indonesia.

       Sepuluh besar (the best ten) perguruan tinggi terbaik dunia versi THE WUR 2022 adalah sbb: 1) Universitas Oxford (UK), 2) Institut Teknologi California (AS), 3) Universitas Harvard (AS), 4) Universitas Stanford (AS), 5) Universitas Cambridge (UK), 6) Institut Teknologi Massachusetts (AS), 7) Universitas Princeton (AS), 8) Universitas California Berkeley (AS), 9) Universitas Yale (AS), dan 10) Universitas Chicago (AS). Bagaimanakah dengan perguruan tinggi di Indonesia? Sepuluh besar perguruan tinggi terbaik dunia di Indonesia adalah sbb: 1) UI Jakarta, 2) ITB Bandung, 3) UPI Bandung, 4) Unair Surabaya, 5) Ubinus Jakarta, 6) Unibraw Malang, 7) Undip Semarang, 8) UGM Yogyakarta, 9) Unhas Makassar dan 10) IPB Bogor.

        Kalau kita perhatikan, semua perguruan tinggi terbaik dunia dari AS adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS); di sisi lain sepuluh perguruan tinggi terbaik dunia dari Indonesia hanya satu yang merupakan PTS, yaitu Ubinus Jakarta, Sembilan lainnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN).        Lebih lanjut kalau kita perhatikan urutan ke-11 dst ternyata perguruan tinggi terbaik dunia dari Indonesia didominasi oleh PTN, sangat sedikit PTS yang berhasil masuk dalam pemeringkatan. Hal ini berarti, kebanyakan PTS di Indonesia masih harus bekerja keras untuk mampu berbicara di tingkat dunia !!!*****

 

_________________________________________________________

BIODATA SINGKAT:

Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd. adalah Direktur Pascasarjana Pendidikan UST Yogyakarta serta Wakil Presiden Pan-Pacific Association of Private Education (PAPE) yang bermarkas di Tokyo, Jepang

Tags : the wur

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 171 + 1 = ?
Banner
SMS Center
PMB
Peninjauan Kurikulum
Online Support
Statistik Member
Member:224 Orang
Member Aktif:224 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net