MENJADIKAN PENDIDIK PROFESIONAL Beban Administrasi Guru Perlu Dikurangi

Bookmark and Share
08 Oktober 2018 - 08:02:35 » Diposting oleh : admin » Hits : 4342
MENJADIKAN PENDIDIK PROFESIONAL Beban Administrasi Guru Perlu Dikurangi

Peran guru sangat penting dalam upaya peningkatan  kualitas  pendidikan nasional. Namun sering guru terbebani dengan urusan   administrasi   yang terlalu berat, menyebabkan peran  guru  tersebut  tidak berjalan produktif.

Demikian diungkapan Direktur  Direktorat  Pascasarjana Pendidikan UST Prof Dr Ki Supriyoko MPd dalam kegiatan The 1st PGSD UST International Conference on Education  bertema  ‘Education,  Innovation  and  Interculture’ di   Auditorium   Ki Hadjar Dewantara, Kampus Pusat    Universitas    Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Sabtu (6/10).

Seminar menghadirkan pembicara  lain  Vicce  President of International Relations  &  University  Affairs Thepsatri Rajabhat University, Lop Buri Thailand, Asst Prof   Dr   Kanya   Kongsoongnoen, Prof Masataka Kisuka dari The Kyoto Perfectural University of Medicine Japan dan Prof Dr Lilia Halim dari The  National  University  of Malaysia.

Menurut   Ki   Supriyoko, berbagai     kegiatan     yang berpotensi menghambat guru dalam melakukan tugasnya sebagai pendidik, perlu dikurangi atau dihapus. Jika keterlibatan  guru  dapat  dilakukan secara efektif, efisien dan produktif, perlahan tapi pasti, peningkatan kualitas pendidikan Indonesia dapat terwujud. ”Sekaranglah saat nya bagi guru terlibat secara profesional dan proporsional untuk meningkatkan kualitas   pendidikan   nasional,” katanya.

Dijelaskan  Ki  Supriyono, agar  peran  guru  dalam  peningkatan    kualitas    pendidikan nasional lebih terlihat, guru perlu ditempatkan sebagai seorang pendidik sebagaimana seharusnya. Selain itu diberi kesempatan menjalankan peran sebagai instruktur,  manajer  kelas, pengawas, motivator, penjelajah sekaligus evaluator.

Prof Dr Lilia Halim mengatakan,  budaya  memainkan peran   penting   dan   dapat mempengaruhi praktik mengajar yang diberikan oleh guru. Meskipun Malaysia dan Indonesia  mayoritas  populasinya  orang  Melayu  dan Muslim,  namun  faktor  budaya   lokal   memiliki   pengaruh yang signifikan dalam proses belajar mengajar.  

Sedangkan Prof Masataka Kisuka  mengatakan,  keahlian profesional guru sekolah berasal   dari   pengetahuan berbasis   kasus.   Sehingga salah satu pendekatan yang layak bagi guru sekolah untuk   memperoleh   keahlian profesional, yaitu melalui metode  Lesson  Study.  Sebuah model pembinaan (pelatihan) profesi    pendidik    melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip prinsip kolegialitas.

Diliput di Harian Kedaulatan Rakyat, Minggu, 7 Oktober 2018 halaman 2

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 100 + 2 = ?
Banner
SMS Center
PMB
Peninjauan Kurikulum
BIAYA PMB 2023/2024
Online Support
Statistik Member
Member:224 Orang
Member Aktif:224 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net